Senin, 01 Januari 2018

BAGAIMANA CARA MENIKMATI SERIAL FILM STAR WARS?



#FILM

Hmm..dari judulnya udah kebayang kan inti apa yang akan saya bahas kali ini. Eitss tapi sebelumnya saya bahas dulu per bagian serial dari star wars ini yaa..
Jadi serial star wars ini sampai akhir 2017 dibagi menjadi 3 trilogy yaitu
1.      Original Trilogy
2.      Prequel Trilogy
3.      Sequel Trilogy
Nah masing-masing trilogy ada 3 episode yaitu
1.      Original Trilogy
Episode IV - A New Hope (1977)
Episode V - The Empire Strikes Back (1980)
Episode VI - Return Of The Jedi (1983)
2.      Prequel Trilogy
Episode I - The Phantom Menace (1999)
Episode II - Attack Of The Clones (2002)
Episode III - Revenge Of The Sith (2005)
3.      Sequel Trilogy
Episode VII – The Force Awakens (2015)
Episode VIII – The Last Jedi (2017)
Episode IX – Judulnya belum ada (2019)

Nah…berarti sekarang udah pas belum nih bahas tentang urutan menikmati serial star wars…em berhubung saya bukan fans / penikmat serial star wars tahun lalu dan dari pengalaman pribadi tahun lalu juga, dimana saya nonton rogue one : a star wars story trus bingung sama alur ceritanya, yang ternyata setelah saya pahami kenapa saya bingung karena saya belum paham alur dari masing-masing trilogy so kita bahas per episode dulu aja ya baru kita bahas urutan menontonnya. Cus langsung dibawah saya bahas dulu ya
Original Trilogy
Trilogy ini merupakan trilogy asli dan yang pertama kali dibuat. Menceritakan tentang Luke Skywalker, Han Solo, Leia Organa dll melawan galactic empire dan memberontak Darth Vader serta sang Sith Lord, Darth Sidious. Pada Trilogy ini banyak menyajikan petualangan-petualangan menegangkan.
Episode IV - A New Hope (1977)
Leia yang sudah tumbuh dewasa, memimpin kelompok pemberontak, Rebel Alliance yang berencana untuk menghancurkan stasiun luar angkasa, Death Star. Ia juga mengajak Luke dan Han Solo untuk memerangi Republik. Sementara itu, Darth Vader berhasil membunuh Obi-Wan dalam sebuah pertarungan.
Episode V - The Empire Strikes Back (1980)
Atas pesan arwah Obi-Wan, Luke mendatangi Yoda, kesatria Jedi yang telah berusia 800 tahun. Ia mendatangi Yoda untuk dilatih sebagai kesatria. Sesaat setelah dirinya siap, Luke menghadapi Darth Vader. Saat bertarung, Darth Vader membuat pengakuan mengejutkan, “Luke, aku ayahmu”.
Episode VI - Return Of The Jedi (1983)
Luke menyelamatkan adiknya, Leia dan Han Solo yang ditawan Jabba the Hutt. Luke kemudian menghadapi takdirnya dengan bertarung melawan Darth Vader. Di menit terakhir, Darth Vader kembali ke kebaikan. Ia kemudian membunuh Darth Sidious yang menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Galactic Empire.

Prequel Trilogy

Trilogy ini menceritakan awal mula seorang anak yaitu Anakin menjadi Darth Vader. Dimana awal mulanya Anakin bertemu dengan Padme Amidala, serta gurunya Obi Wan - Kenobi dan Qui Gon Jin. Pada Trilogy ini lebih menyajikan unsur politik.
Episode I - The Phantom Menace (1999)
Pertikaian dagang mengawali segalanya. Pada mulanya, dua ksatria Jedi Qui-Gon Jin dan Obi-Wan Kenobi menyusup blokade yang dilakukan Trade Federation pada planet Naboo. Keduanya diburu pasukan federasi dan bertemu dengan Jar Jar Binks serta Amidala dari planet Naboo. Sementara itu, ada pula kisah Anakin Skywalker kecil yang ditemukan Qui-Gon Jin. Ia kemudian dibawa dari planet Tatooine untuk dilatih jadi ksatria Jedi. Terakhir, ia bertemu Amidala dan terpesona oleh kecantikannya.
Episode II - Attack Of The Clones (2002)
Attack of Clones menceritakan kisah 10 tahun pasca peristiwa di Star Wars Episode I: The Phantom Menace. Dalam Attack of Clones, Anakin sudah menjadi ksatria Jedi setelah dilatih oleh Obi-Wan Kenobi. Namun, ia melakukan pelanggaran dengan jatuh cinta dan menikah diam-diam dengan Padme. Padahal seorang ksatria Jedi dilarang jatuh cinta. Di sini, sisi gelap Anakin juga mulai bangkit seiring dengan kekecewaannya saat gagal menyelamatkan ibunya.

Sequel Trilogy

Trilogy ini mengambil setting 30 tahun setelah episode VI : Return Of Jedi, Teknologi yang sudah sangat canggih terlihat pada trilogy ini.

Lalu Rogue one  : a star wars story apaan dong?

Nah jadi dari sumber yang aku baca yaitu
Mengakhiri tahun 2016, Disney kembali menggebrak dunia perfilman dengan menghadirkan kisah Rogue One: A Star Wars Story ke layar lebar. Kali ini, Disney mengangkat kisah yang terpisah dari Star Wars Anthology. Filmnya sendiri mengisahkan tentang petualangan Jyn Erso, putri perancang senjata super milik kekaisaran Galaksi, Death Star. Sementara kronologi ceritanya berada di antara Revenge of the Sith dan A New Hope.

Begitu jadi setelah  setahun nonton film ini dan baru browsing saya baru ngerti pantesan alurnya kok berantakan gitu ternyata saya nya aja yang belum ngerti hehe.

Oke sekarang kita bahas urutan menikmati serial film star wars yaa, ada empat cara yaitu :

1. Aturan Numerik (Episode): I, II, III, IV, V, VI, VII, VIII, IX
"Mulailah dengan nomor satu," kata George Lucas seperti dilansir The Independent, tentang cara menonton film Star Wars yang benar.
"Begitulah cara melakukannya dengan benar: satu, dua, tiga, empat, lima, enam. Begitulah seharusnya mereka lakukan. Hanya karena butuh waktu lama untuk memfilmkan itu tidak berarti Anda tidak melakukannya secara berurutan."
Bagi penikmat awam, cara numerik ini bisa terlihat paling mudah dilakukan untuk menonton Star Wars. Sayangnya, episode pertama, The Phantom Menace, dinilai menandai entri terlemah dalam kisah laga ini. Dan akan membuat penonton tidak nyaman menonton film berikutnya, ditambah Attack of the Clones (episode II) dan Revenge of the Sith (episode III) tidak jauh lebih baik.
Selain itu, penonton juga akan kehilangan efek mengejutkan dari twist akhir film kelima Empire Strikes Back. Meski begitu, tetap saja urutan inilah yang diinginkan George Lucas sang penciptanya.

2. Aturan Tahun Rilis : IV, V, VI, I, II, III, VII, VIII, IX
Cara ini dipakai oleh jutaan penggemar saat pertama kali menonton serial Star Wars. Aturan ini dilakukan dengan melihat trilogi asli pertama, diikuti oleh prekuelnya, kemudian lanjut ke sekuel terbaru. Dengan cara ini, penonton memperoleh sentuhan besar dan menemukan sosok di balik penjahat yang dikenal sebagai Darth Vader.
Kisah dalam urutan ini dimulai dengan petualangan Luke Skywalker dan teman-temannya dalam A New Hope. Film ini dinilai sebagai cara terkuat dan paling menyenangkan untuk memulai seri dan mengenalkan pendatang baru.

3. Aturan Rinster : IV, V, I, II, III, VI, VII, VIII, IX
Cara ini dinamai oleh penggemar yang menciptakannya, Ernest Rinster. Aturan ini membawa penonton untuk menyaksikan A New Hope (IV) ke Empire Strikes Back (V), lalu kembali untuk melihat prekuel (I,II,III) sebelum kembali ke trilogi aslinya yang terakhir Return of the Jedi.

Mengapa? Aturan menonton ini dianggap dapat mempertahankan twist film. Mengawali dengan permulaan terbaik Star Wars, kemudian menonton puncak dari prekuel, dan dilanjutkan dengan sekuel Return of the Jedi, akan membuat sebuah final yang epik. Metode ini juga mengarah ke trilogi terbaru.

4. Aturan Machete: IV, V, II, III, VI, VII, XIII, IX
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, The Phantom Menace (I) tidak begitu disukai di kalangan komunitas Star Wars. Mengutip The Independent, banyak yang berpendapat bahwa film tersebut memiliki pengaruh yang sangat kecil untuk semesta Star Wars. Karena itu, metode Machete sama dengan adalah aturan Rinster tapi tanpa menambahkan The Phantom Menace dalam daftar.

Namun, dengan perintah ini, sayangnya penonton akan melewatkan Anakin sebagai anak laki-laki yang tidak bersalah, bukan hanya seorang remaja sombong Hayden Christensen. Namun, untuk yang satu ini, bagi mereka yang pernah melihat The Phantom Menace akan lebih suka melupakan film itu ada.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar